Venezuela dan Iran Anti AS

Venezuela dan Iran memperkokoh hubungan dengan mengeluarkan pernyataan-pernyataan anti Amerika Serikat, perjanjian komersial dan berjanji untuk mendorong pengurangan pasokan minyak dunia untuk melawan harga yang anjlok.

PRESIDEN Venezuela Hugo Cha­vez menuduh AS, musuh be­bu­yutan Karakas dan Teheran, men­jatuhkan harga minyak, yang ta­hun ini menurun 15 persen da­lam musim dingin AS.

“Petang ini kami berjuang un­tuk meningkatkan koordinasi di OPEC de­ngan produsen-produser pen­ting lainnya di luar OPEC untuk me­ngamankan harga produk uta­ma kami,” kata Chavez kemarin, da­lam satu pertemuan dengan Pre­siden Iran Mahmoud Ah­madi­ne­jad di Karakas.

“Sekarang kami tahu ada be­gitu banyak minyak di pasar dan kami masih mendukung kepu­tusan untuk mengurangi produksi dan mengamankan harga mi­nyak.”

Iran adalah pengekspor minyak ter­besar keempat dunia, se­mentara Venezuela, menurut data AS, menurun dari peringkat li­ma menjadi peringkat de­lapan. Kedua negara memiliki su­ara penting dalam OPEC, or­ga­nisasi negara pengespor minyak itu.

“Iran dan Venezuela adalah dua sekutu penting di tingkat global, ke­dua negara mempunyai in­dustri penting serta minyak, dan ka­mi akan tindaklanjuti dalam kun­jungan ini,” kata Ah­ma­di­ne­jad Sabtu (13/1) sebelum terbang dari Teheran, sebagaimana kantor berita IRNA.

Ahmadinejad dan Chavez, dua bekas tentara yang berkuasa ka­rena rencana mereka yang me­rak­yat, telah membangun hubungan pri­badi yang erat, sering saling me­­manggil sebagai “saudara.”

Chavez mendukung Ah­ma­dinejad dalam perlawanannya ter­hadap masyarakat inter­na­sional menyangkut program nuk­lir Iran, yang bulan lalu di­ke­na­kan sanksi-sanksi terbatas PBB.

Walaupun AS menenuduh Iran sedang berusaha membangun senjata atom, Chavez bersikeras, Teheran ingin menggunakan tek­nologi nuklirnya hanya untuk mem­­bangkitkan tenaga listrik. Chavez dan Amadinejad tidak mem­­bahas masalah itu, Sabtu.

Chavez menyerahkan kepada Ah­madinejad sebuah buku yang diterjemahkan dalam ba­hasa Persia mengenai Simon Bo­livar, bapak pendiri Venezuela abad ke-19. Sebaliknya, Chavez me­nerima sebuah buku mengenai ba­pak revolusi Iran tahun 1979, Ayatollah Ruhullah Khomeini.

Dua revolusi kita berada di hati yang sama,” kata Chavez, mem­ban­­dingkan penggulingan Shah Iran dengan gerakan sosialis yang dipimpinnya, yang telah di­ting­katkan pekan ini dengan ba­nyak melakukan nasionalisasi.

Ahmadinejad dalam pembi­ca­ra­annya dnegan Chavez me­mu­satkan pada masalah keti­dak­adilan dan kemiskinan di dunia yang se­dang berkembang, me­nya­­lah­kan­nya pada pihak Washington.

“Semua ini adalah pekerjaan ne­gara adidaya itu,” katanya. Untuk menegaskan keper­ca­ya­an sosialis mereka , kedua pe­mim­­pin itu mengatakan mereka se­pakat untuk mnyediakan dana 12 miliar dolar AS untuk proyek-proyek yang melibatkan mereka di seluruh dunia berkembang.

Chavez mengutip pernyataan Pre­­siden Bolivia Evo Morales yang mengatakan “Matilah im­pe­­­ri­alisme Amerika.” Apabila di­ter­­jemahkan dalam bahasa Persia ber­arti “Ma­tilah Amerika” slogan un­­jukrasa-unjukrasa Iran, yang men­­­dapat te­puk tangan delegasi Iran.

Menyangkut bidang per­da­ga­ngan , perusahaan minyak Iran Petropars menandatangani per­jan­jian untuk menangani lebih ba­nyak pekerjaan dalam ser­ti­fi­kasi, eksplorasi dan pe­ngem­bangan ladang minyak di Venezuela.

Para pejabat juga menan­da­ta­ngani kontrak-kontrak untuk mem­perluas kerjasama dalam bi­dang-bidang pertanian, ko­struksi dan turisme.

Dalam satu kesepakatan me­nyang­kut media , kedua negara me­­nyusun satu poerjanjian ke­mit­raan antara kantor-kantor be­rita kedua negara , ABN Venezuela dan IRNA Iran, Chavez mendapat kecaman ke­ras menyangkut per­la­kuannya terhadap media sejak bu­lan lalu ketika ia menolak memperbarui izin bagi sebuah ja­ringan televisi oposisi. Iran memiliki satu media pe­merintah yang diawasi secara ketat yang menyensor setiap ke­caman terhadap para pejabat senior. (sumber rakyat merdeka)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: