Parpol Masuk WordPress

 

WordPress yang saya anggap sebagai fasilitas blog terlengkap ternyata juga diamini beberapa partai politik di Indonesia. Hal itu terbukti dengan maraknya lokakarya blogging yang diadakan partai politik, dan rata-rata mereka mengaggap wordpreslah yang paling lengkap menyediakan fasilitas bagi blogger. Tak ayal lagi, wordpress pun kini dijadikan sebagai forum untuk melakukan komunikasi politik

Sudah tercatat beberapa parpol yang telah menyelenggarakan lokakarya blogging, mereka adalah PAN, PKB, Demokrat, dan PDIP. Selain parpol, ternyata blog khususnya wordpres banyak juga digemari oleh LSM, salah satunya adalah IMDEV Makassar.

Parpol sangat mengharapkan kader-kadernya bisa memiliki blog atau media tersendiri untuk berdiskusi dan melakukan pendidikan politik, baik itu terhadap sesama kader maupun pendidikan politik terhadap masyarakat, meskipun pada dasarnya tidak terlalu efektif, karena tidak semua masyarakat Indonesia dan kader parpol bisa mengakses internet. Namun barangkali menurut mereka bahwa blog sangatlah tepat dijadikan salah satu ajang komunikasi politik.

Sekedar diketahui, bahwa hingga saat ini yang saya pahami tentang komunikasi politik meliputi : kampanye, penyampaian pesan politik dari politikus ke politikus atau ke public dan sebaliknya. Selain itu komunikasi politik juga meliputi bagaimana upaya pendekatan para politikus untuk menggaet dukungan dengan mengiming-iming bargaining tertentu.

Ternyata, jauh sebelum parpol di Indonesia mengenal dunia blog, di luar negeri terutama di AS Para kandidat calon presiden telah menggunakan blog sebagai media kampanye atau mencari dukungan dengan cara mempublikasikan visi dan misinya lewat blog. Diantara mereka adalah Hillary Clinton, dan Barack Obama.

Nah, melihat fakta-fakta di atas, maka dapat saya katakan bahwa betapa strategisnya sebuah blog jika kita mampu mengelolanya dengan baik. Tidak hanya di bidang politik tapi juga di bidang yang lain. Dan saya juga ingin tahu bagaimana respon pihak WordPress jika medianya dijadikan sebagai ajang kampanye, layaknya promosi barang. Apakah itu dilarang atau tidak? Sayang, saya buta terhadap kalimat English sehingga sampai sekarang belum tahu isi perjanjian kontrak dengan wordpress yang telah disepakati sebelumnya.

Iklan

8 Responses to Parpol Masuk WordPress

  1. peyek berkata:

    wah jadi blog sudah merambah ke semua bidang donk mas….
    nah berarti pendidikan demokrasi bisa juga dilakukan lewat media ini, tergantung pemerintah dan parpol mau nggak merealisasi supaya media ini menjadi murah, seperti akses internetnya, sehingga masyarakat kecil bisa juga menikmatinya, kan koneksi masih barang mahal di negeri ini.

    ๐Ÿ™‚ : ya seperti itulah efektifnya, jika akses internet mudah dan murah maka pemerintah lebih mudah dalam berinterksi dengan rakyatnya dan parpol pun lebih mudah melakukan komunikasi politik dan pendidikan politik terhadap masyarakat. bro kok blog km masih kosong?

  2. helgeduelbek berkata:

    yah potensinya besar, sekaligus untuk ajang debat kusir, sampai kudanya kelelahan, akhirnya terjatuh tidak sampai tujuan. Masih perlu membuktikan hasilnya.
    BTW pendidikan politik itu apa yah? ๐Ÿ™‚

    ๐Ÿ™‚ : ahhaaha..bisa aja pak guru ini, oh ya mengenai pendidikan politik, ada berbagai definisi tentang itu, dan kalau menurut saya pendidikan politik itu adalah upaya penambahan wawasan yang berkaitan dengan kenegaraan yang mencakup negara itu sendiri, kekuasaan, pengambilan kebijakan, masyarakat, lembaga-lembaga politik, simbol-simbol negara (bendera, lagu kebangsaan, dsb) dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan kenegaraan.

  3. Anggara berkata:

    wah, ini baru berita. Namun ada nggak ya aktvis partai yang ngeblog?

    ๐Ÿ™‚ : wah, sudah ada mas. aktivis PKB tuh udah banyak yang ngeblok. kalau mau tau search aja di google misalnya
    “PKB word press” pasti dapat, hohihiihih

  4. xwoman berkata:

    kalo gitu bisa-bisa nanti pemilihan presiden lewat comment2 blogger aja ya ๐Ÿ˜€
    kan lebih ketauan, btw parpol pada pake wordpress apa karena gratisannya ya???
    Cuma kalo semua karder parpol pada ngeblog, entar malah keasyikan ngeblog donk, malah jadi ajang pemilihan seleb blog, bukan sibuk mempersiapkan diri dalam pemilihan kandidat calon presiden… hehehe
    Dan akhirnya para blogger pun punya kesempatan untuk mencalonkan diri jadi Presiden, siapa yang blognya paling rame peluangnya lebih gede, hahaha…

    ๐Ÿ™‚ : stidaknya dengan maraknya kader parpol yang ngeblog, itu merupakan salah satu indikasi kalau kader parpol indonesia telah memanfaatkan teknologi yang ada dan mudah-mudahan kedaan tersebut bisa menaikkan kualitas kader parpol. dan yang lebih utama mereka dapat lebih terbuka dalam menerima aspirasi ataupun kritikan, selanjutnya akan lebih menambah daya respon mereka karena terjadi komunikasi politik dengan sesama kader, dan dengan komunitas blog.

  5. Dani Iswara berkata:

    »
    usul mas: jwbnnya gak usah ditebalkan semua gemana?..agak kontras di mata (saya).. ๐Ÿ˜€
    apalg tema wp.com kita ini (sama dgn saya punya) teksnya tll mepet dan kekecilan..

    semoga mrk jg mengusulkan agar Internet lbh murah lg (stlh merasakannya..)

    blog hrsnya memang lbh merakyat.. ๐Ÿ˜€

    ๐Ÿ™‚ :usul yang baik bro. gmn, gak kontras lagi kan?

  6. mrtajib berkata:

    ha ha ha…dan jangan-jangan nanti masing-masing parpol menjaring para blogger untuk menjadi salah satu calon anggpta DPR/D….. apakah saya akan dijaring juga, ya?

    ๐Ÿ™‚ : ahhahah…betul juga bro, tapi yang saya tak mengerti kok ada parpol yang sengaja mendatangkan blogger dari phlipina untuk mengajari kadernya bikin blog dalam sebuah acara lokakarya blog, padahal banyak blogger indonesia yang tak kalah mutunya dari blogger phlipina, contohnya komunitas blogger di wp.atau jangan-jangan mereka nggak percaya dengan mutu blogger indonesia ya? ๐Ÿ™‚

  7. […] ini hanya masalah waktu bung, kayaknya perlahan makin banyak yang menyadari, contohnya saja Partai politik dah melirik blogging. Tambahan juga akhir2 ini banyak orang blogger indo yang semakin blak-blakan contohnya Dokter.

    ๐Ÿ™‚ : ia bro, mudah2an kuantitas blogger indonesia maki bertambah dan juga tetap diimbangi degan kualitas.

  8. John berkata:

    saya sudah melakukan tips poin 2 dan 3 untuk point 1 menyusul , Aerona

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: