“Senjata Geologi”

Tidak pernah terbesit dalam benak saya bahwa indonesia akan mengalami gempa secara beruntun seperti ini. Bagaimana tidak, dulu indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan hutan dan memiliki kondisi alam yang aman dari bencana alam seperti gempa, sehingga jarang kita lihat dan dengarkan kalau di indonesia terjadi gempa. Malah yang sering kita dengar yang tertimpa gempa adalah negara-negara besar seperti jepang, china dan Amerika.

Tapi ternyata cerita lama itu kini tinggal sebagai kenangan manis, indonesia tak lagi kokoh dan kuat seperti dulu. Indonesia kini sakit dan terlalu rentah untuk bangkit. Empat tahun terakhir hampir pasti dalam sebulan terjadi bencana alam, terutama gempa, lonsor dan banjir. Bahkan berselang sehari saja terjadi gempa di tempat yang berbeda. Dan korbanpun berjatuhan di mana-mana. Seprti yang terjadi di pulau sumatera baru-baru ini.

Berangkat dari kegalauan di atas, maka sebagai manusia yang punya hobi melakukan “khayalan tingkat tinggi” (meminjam bahasa peterpan), timbullah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sebagian tidak masuk akal karena tidak di dukung oleh data-data yang akurat, namun hanya bersumber dari buah khayalan . Pertanyaan-pertanyaan yang saya maksud adalah:

1. Apakah kondisi alam indonesia saat ini memang memiliki potensi gempa yang cukup tinggi, sehingga terjadi gempa secara beruntun?

2. Selain kondisi alam yang buruk hal apakah yang bisa menyebabkan suatu wilayah mengalami gempa?

3. Mungkinkah sekarang ini muncul “senjata geologi” untuk menghancurkan suatu wilayah melalui gempa buatan seperti halnya senjata biologi dan senjata kimia yang telah trend sebelumnya ?

4. Apakah indonesia telah memiliki alat pendeteksi atau radar yang mampu menjangkau lalu lintas laut perbatasan negara kita sehingga mampu melihat keberadaan kapal selam yang memasuki wilayah teritorial kita ?

Itulah sebagian hasil buah khayalan saya yang bebentuk pertanyaan. Hal itu juga muncul setelah saya membaca artikel tentang senjata biologi dan senjata kimia yang menjadi kebanggan beberapa negara besar di dunia. Dari situlah terbesit pula dalam pikiran saya tentang senjata pemusnah baru, yaitu “senjata Geologi”

hal tersebut akhirnya saya posting dengan harapan bisa mendapatkan jawaban dari para pembaca terutama teman-teman di WP.

Iklan

5 Responses to “Senjata Geologi”

  1. helgeduelbek berkata:

    Wah yang bisa menjawab hal ini adalah pakde Rovicky

    🙂 : oh iya, saya juga udah kirim comment tentang hal itu di wp nya.

  2. aku juga cuma numpang absen aja, soalnya ga bisa jawab juga 😀

  3. peyek berkata:

    Indonesia adalah, setelah kejadian baru bertindak,
    kadang Indonesia nggak bergerak juga utawa lemot,
    tapi itulah negeri kita Indonesia

    🙂 jadi menurut bro, bahwa indonesia tidak punya persiapan untuk menghadapi musibah, nanti kalo sudah terjadi baru panik. begitu ya?

  4. orido berkata:

    1. Indonesia khan ada pada posisi tubrukan lempeng.. ya dengan kondisi spt itu maka indonesia akan banyak gunung api dan banyak terjadi gempa.. jd potensi gempa di indonesia memang tinggi.. masalah beruntun ato ngga tergantung akumulasi energi yang terjadi di bawah permukaan bumi.
    2. selain kondisi alam, gempa dapat terjadi melalui bom… ini sih gempa jadijadian… hehehe
    3. ya itu.. pake bom aja utk ciptain gempa.. bs jd bom sbg sumber gempa, bisa juga jadi pemicu gempa (akibat bom, maka akan terjadi retakan lapisan bumi yg mengakibatkan gempa..)

    4. gak tau tuh… mestinya indonesia sebagai negara yg banyak laut nya gini punya dong.. mestinya…

    🙂 wah..thanks atas penjelasannya bro! sagat detail ya…

    • Fadhli Mahindra berkata:

      Buat agan yang diatas ane bener banget ..

      senjata geologi?? hahaha,, mungkin ga bakalan pernah ada. mungkin cuma Tuhan yang punya senjata geologi. Manusia mana sanggup? lempeng bumi kita aja diatur sedemikian rupa oleh Tuhan bergerak dengan kecepatan kalo ga salah 1 cm/tahun. Untuk menggerakan lempeng aja pake gaya yang luar biasa besarnya. Manusia mana sanggup. hehe..

      Manusia harus bisa mensyukuri nikmat dan taat beribadah. kalau manusia itu kufur nikmat, dengan mudah nya Tuhan membalas manusia dengan “senjata geologi” -Nya. Wallahu’alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: