Duit anggota DPR

Barangkali masih ada yang belum tahu berapa besar kas Negara yang harus menjadi kas Anggota Dewan kita dalam setiap bulan dan setiap tahunnya, inilah perinciannya:

  1. gaji pokok Rp. 4,2 juta/bulan
  2. tunjangan jabatan Rp. 9,7 juta/bulan
  3. tunjangan khusus Rp. 3 juta/bulan
  4. tunjangan isteri Rp. 420 ribu/bulan
  5. tunjangan anak Rp.168 ribu/bulan
  6. tunjangan bersa Rp. 95 ribu/bulan
  7. uang paket Rp. 750 ribu/bulan

Total gaji : 29 juta / bulan

Jika Rp. 29 juta dikalikan dengan 12 bulan (1 tahun) maka totalnya Rp. 348 juta/tahun

Selain itu, masih ada fasilitas lain yang harus dikerok dari kas Negara untuk biaya anggota dewan kita, perinciannya adalah sebagai berikut:

  1. tunjangan renovasi rumah Rp. 20 juta/tahun
  2. tunjangan transportasi Rp.70 juta/tahun
  3. tunjangan komunikasi intensif Rp. 3 juta/bulan (Rp. 35 juta/tahun)
  4. anggaran staf pribadi Rp 2 juta/bulan (Rp. 24 juta/tahun)
  5. tunjangan perumahan, listrik, telepon dan air Rp.2 juta/buln (Rp.24 juta/tahun)

Total tunjangan Rp. 173 juta/tahun

Iklan

17 Responses to Duit anggota DPR

  1. kangguru berkata:

    hiks jadi pengen dapet penghasilan segitu

    ๐Ÿ™‚ hehehe..semua juga pengen pak, siapa seh yang tak mau digaji sekeluarga dan dapat tunjangan fasilitas lengkap.

  2. xwoman berkata:

    ck ck ck…. berarti Indonesia ini cukup kaya yah!

    ๐Ÿ™‚ ya..indonesia cukup kaya, kaya sda, kaya sdm, kaya mobil mewah, kaya gedung2 bertingkat, kaya pengemis, kaya orang miskin dan kaya koruptor..

  3. bayu berkata:

    alamaakk begitu besarnya… itu baru satu orang… coba kalikan berapa banyak anggota DPR kita??? ck..ck..ck.. mungkin cukup untuk mensejahterakan orang sekampung apabila uang sebanyak itu dijadikan sebagai modal kerja bergulir…

    iya, betul juga yah…kalo dikalikan dengan jumlah anggota dewan..wah tambah banyak deh..

  4. helgeduelbek berkata:

    kapan2 mau jadi anggota DPR ah…

    ๐Ÿ™‚ amiin, tapi kalo mau ikut berpolitik tanggalkan dulu status PNS nya! ๐Ÿ™‚

  5. sugeng berkata:

    gaji gede kalau lu kerja cuma bisa bikin sengsara rakyat gue doain nanti lu kalau udah nggak jadi anggota dewan pada susah dan kalau lu mati masuk neraka dan sebelum masuk neraka lu di dunia bangkai lu di gondol anijng…..

    ๐Ÿ™‚ : wah…gak boleh begitu bro, mestinya kita berusaha dan mendoakan mereka agar cepat sadar biar mata,telinga dan hati mereka terbuka lebar terhadap penderitaan yang dialami rakyat.

  6. rachmad d berkata:

    gaji-tunjangan yang begitu bagus kok nggak diikuti kinerja yang bagus ……….. mbah bilang sayang sekali ya. Dan Jika ada keikhlasan dari yang diterimanya itu, diambil tarulah dalam kisaran 10 – 15 % saja dan diperuntukkan pada yang membutuhkan utamanya dalam mengatasi kemiskinan Insya Allah pahala akan berlipat ganda……..Amien

    ๐Ÿ™‚ seep..

  7. Imo berkata:

    keknya blog2 yang sering mengkritik pemerintah juga akan diserang virus2 yg ga tau darimana asalnya…hati2 yah, keep writing bro!! tetap semangat ngeblog walau apapun rintangannya….ewako

    ๐Ÿ™‚ : wah…selamat datang sappo’, terimakasih atas infonya.

  8. adhit hape berkata:

    kalo diliat dari tunjangan-tunjangan yang mereka peroleh, belom ada tunjangan untuk bergaya mirip thukul. PANTES AJA MEREKA PADA MINAT LAPTOP….

    Huuu…NDESO…. buat para wakil rakyat.. PUAS.. PUAS.. PUAS..
    buat blog ini semakin berjaya yah…

  9. grandiosa12 berkata:

    gede banget yah gajinya.. duh pantes banyak yang bercitaยฒ jadi anggota DPR

  10. juliach berkata:

    Makanya para anggota DPR itu kalo sudah duduk lupa berdiri…adem ayem…sejahtera loh jinawi….kalo bisa jadi DPR seumur hidup…

  11. kopral jono berkata:

    tuh..orang GAK TAU MALU betul ya! gak ada rasa bersyukurnya sama sekali .makanya gak salah, kalau orang2nya banyak ga beres.contohnya siyahya zaini dengan(ME)~mak erot~kalee! kita orang semua sama,matenye mungkin belikan kaca mata kuda kali ye! biar gak selenge”an! gak liat apa banyaknya musibah,banyaknya kita punya orang yg hari ini belum tentu dapat makan,dan masih banyak PR lainnya yg harus diselesaikan.MEMANG…terkadang kita heran, JABATAN ADA,STATUS OKE,TUNJANGAN POOL,TAMPANG KLIMIS TEROOS,GAJII WELEHHH! ndak heran masyarakat banyak yang MENGOETOEK !bukan masalah iri karna status tapi……..!ahAH>>>>>>>>>………….h.”MACAM MANA PULA”itu.betulkan dululah..cok..DUANCOK!!!!!!!!!!!!!

  12. Anjaz berkata:

    ๐Ÿ™‚ adhit hape : seep…lagain kalo mereka pengen punya laptop kayak wongdeso, kan bisa pake gaji mereka.

    ๐Ÿ™‚ grandiosa12 : gaji gede, tunjangan besar, keluarga pun ikut digaji..ya…mudah-mudahan gak ditambah lagi dengan korupsi.

    ๐Ÿ™‚ : juliach : wah…mbak ini mau ya jadi pejabat seumur hidup? ntar malah dikudeta ๐Ÿ™‚

    ๐Ÿ™‚ kopral jono : ya begitula h fenomena wakil rakyat kita, mereka banyak dicerca dan dikutuk karena gajinya udah gede ditambah fasilitas lengkap,keluarganyapun dapat tunjangan, tapi kok masi mau nyolong hak kesejahteraannya rakyat. emangnya indonesia ini perusahaan keluarga..:)

  13. Lintang berkata:

    wah guede banget gajinya. gaji segitu masak g bs beli laptop sendiri?? heran deh, apa org yg semakin kaya maka pengeluarannya semakin buuanyak yah?? *sambil2 garuk2*

    ๐Ÿ™‚ : iya mbak gaji gede, tapi pengeluarannya juga gede, tapi kalo beli laptop saya kira mereka bisa kok.

  14. syad berkata:

    wah klo tak salah gaji ini d potong 50~60% yak buat partai??
    katanya si gtu. Makanya sampai kapan pun gaji mereka g cukup…. apalagi bwt beli laptop
    tp btw laptop bwt apa yak???

    ๐Ÿ™‚ : iyya, memang ada juga parpol yang memberlakukan bahwa setiap kadernya atau anggotany yg duduk di dewan wajib memberi sumbangsih ke parpolnya, namun itu tidak berlaku bagi semua parpol. dan soal laptop, alasannya adalah untuk meningkatkan efektifitas kerja.

  15. roisz berkata:

    mau tanya,
    bagaimana dengan tunjangan anak yang lebih dari satu
    istri (kalau saja) lebih dari satu

    ๐Ÿ™‚ : wah kalo masalah itu saya tidak mengetahui pastinya, tapi kemungkinan yang mendapat tunjangan adalah anak dari isterinya yang sah pada saat itu.

  16. Kang Kombor berkata:

    Sebulan 29 jeti ditambah uang-uang sidang masih kurang juga ya? Masih suka minta blusak-blusuk nyari tambahan THR tiap lebaran.

  17. Jj berkata:

    Aduh…enak benner ya punya gaji segitu….bisa bangun perumnas u/masyarakat tidak mampu.Kalikan berapa banyak jumlah anggota DPR/MPR kita.Lalu kerjanya tara ada yang beres…tidur melulu….u…Giliran dimintain pertanggungjawaban,eh…pura-pura nggak denger!!!Potong 5 jeti aja perorang X jmlh anggota DPR/MPR udah bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. Kalo sekarang mah,…gaji 29 jeti tapi utang negara waduh….membludak!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: