Hak Intepelasi DPR

Dukungan pemerintah terhadap resolusi DK – PBB No 1747 telah berlalu, namun asap atau imbas yang ditimbulkan kian memanas. Dukungan pemerintah tersebut seakan menyulut timbulnya preseden negatif sebagian masyarakat Indonesia terhadap kinerja pemerintahan SBY – JK. Sekedar diketahui, bahwa indonesia sebagai salah satu anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, melalui Prisiden SBY mendukung resolusi Dk PBB mengenai sanksi terhadap Iran atas pengayaan nuklir dan kemudian memancing reaksi anggota dewan untuk melakukan hak interpelasi.

Interpelasi merupakan salah satu hak dari DPR untuk mengajukan pertanyaan baik lisan maupun tertulis kepada pemerintah. Dalam Undang-Undang (UU) No. 22/2003 Pasal 27 tentang susunan dan kedudukan MPR, DPR, DPD dan DPRD sebagai aturan derivasi konstitusi diterangkan bahwa hak interpelasi adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepada pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis, serta berdapak luas pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berlandaskan pada undang-undang tersebut maka tak ada salahnya jika DPR melakukan hak interpelasi atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan terhadap pemerintah, namun atas dasar UU itu pulah ada sejumlah syarat interpelasi yang harus terpenuhi, yaitu kebijakan pemerintah yang bersifat strategis dan penting, serta berdampak luas pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Jadi untuk melakukan interpelasi, DPR tidak boleh serata merta melakukannya, karena pertimbangan-pertimbangan tadi yang dimuat dalam UU No. 22/2003 harus diperhatikan agar tak memunculkan kontroversi.

Sekarang, jika kita kaji dan pikirkan dengan berbagai analisis, apakah kebijakan Pemerintahan atas dukungannya terhadap DK PBB merupakan salah satu kebijakan yang masuk pada syarat interpelasi oleh DPR ? ya….jawabannya ada pada analisis kita masing-masing, mari kita diskusikan di forum ini….!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: